5 Tips Memilih Kacamata Sesuai Bentuk Wajah

April 18, 2019
5-Tips-Memilih-Kacamata-Sesuai-Bentuk-Wajah

Mata adalah bagian dari wajah yang memiliki peran penting. Bahkan mata sering disebut sebagai jendela hati. Oleh karena itu, bagi sebagian besar orang, mata merupakan bagian terpenting untuk ditonjolkan. Untuk menambah daya tarik, seseorang terkadang perlu menggunakan kacamata sebagai penunjang penampilan maupun sebagai kebutuhan dalam membantu penglihatan. 

Memilih Kacamata Sesuai Bentuk Wajah 

Namun terkadang sebagian besar orang salah memilih frame yang cocok dengan bentuk wajahnya sehingga alih-alih berpenampilan menarik malah terlihat aneh. Berikut beberapa tips dalam memilih kacamata sesuai bentuk wajah. 

1. Bentuk Wajah Oval 

Tipe wajah seperti ini terlihat lebih panjang dibanding lebarnya. Bentuk dahi lebih lebar dari bagian rahang. Untuk tipe wajah seperti ini, frame yang lebih tebal di bagian atas dari bagian bawah dianggap lebih cocok. Walaupun pada dasarnya, untuk tipe wajah oval cocok untuk semua frame namun sebaiknya pilih frame yang berukuran lebar agar dapat menonjolkan bentuk wajah oval. 

2. Bentuk Wajah Bulat 

Tipe wajah dengan proporsi seimbang. Dahi yang lebar, pipi yang berisi dan rahang yang kecil dengan dagu yang bulat. Untuk tipe wajah seperti ini, sangat cocok menggunakan frame yang berbentuk kotak dengan sudut yang lancip. Sehingga mempertegas bentuk wajah. 

3. Bentuk Wajah Persegi 

Tipe wajah dengan lebar dahi, rahang dan pipi yang sama lebarnya. Untuk tipe wajah seperti ini, menggunakan frame yang berbentuk oval atau persegi yang ujungnya bulat dengan ukuran yang kecil bisa menjadi pilihan yang cantik. 

4. Bentuk Wajah Diamond 

Tipe wajah ini tidak banyak dimiliki orang. Namun untuk tipe wajah seperti ini sulit untuk menemukan bentuk frame yang cocok dengan bentuk wajah. Tulang pipi yang lebar dan dagu yang lancip. Tipe wajah seperti ini cocok dengan frame yang meruncing dibagian bawah dan bagian atas yang tebal dan mengikuti garis alis. 

5. Bentuk Wajah Hati atau Segitiga Terbalik 

Tipe wajah dengan dahi lebar dan pipi yang lebar berbentuk hati. Untuk tipe wajah seperti ini, kacamata dengan frame yang berbentuk aviator dan frame berbentuk bulat. Dalam memilih frame mempertimbangkan bentuk wajah adalah hal yang paling penting. Tidak hanya agar terlihat menarik tetapi juga mendukung kenyamanan si pemakai. 

Jika salah memilih frame maka penampilan yang menarik yang kita harapkan malah terlihat aneh. Tentunya Anda tidak mengharapkan hal tersebut terjadi pada Anda. Terlebih lagi apabila itu mengesampingkan sisi kenyamanan Anda sebagai pengguna. 

Karena itu, tidak hanya digunakan sebagai alat pemenuhan kebutuhan yang membantu penglihatan, kita juga tidak boleh mengesampingkan sisi estetika sebagai alat penunjang dalam mempercantik penampilan. Sehingga memilih frame yang sesuai dengan bentuk wajah menjadi hal yang wajib kita perhatikan karena penggunaannya juga sangat menentukan kesehatan mata Anda sebagai pengguna. 

Jangan sampai karena hanya memperhatikan sisi kebutuhan saja tanpa memperhatikan sisi estetika malah membuat penampilan kita menjadi aneh. Sebaliknya, jika hanya memperhatikan sisi estetika saja namun ternyata mengesampingkan kenyamanan Anda sebagai pengguna malah berujung pada kesehatan mata. Karena itu, Anda perlu selektif dalam memilih frame yang sesuai. 

Dewasa ini, menggunakan kacamata tidak hanya sebagai trend yang menunjang penampilan saja. Namun juga penggunaannya menjadi kebutuhan mendasar bagi sebagian besar orang yang memiliki masalah penglihatan. Mulai dari anak-anak, remaja, dewasa hingga manula menjadikannya sebagai kebutuhan yang tidak dapat dikesampingkan keberadaannya. 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.